Cara Instal Aplikasi Dengan File Package Deb di Linux



Cara instal File Package Deb di Linux



File Package Deb

Deb adalah jenis file package aplikasi yang digunakan pada distribusi Debian. File package ini memiliki format atau ekstensi “.deb”. Deb merupakan salah satu file package standar pada sistem Unix.



Deb adalah jenis file package aplikasi yang digunakan pada distribusi Debian. File package ini memiliki format atau ekstensi “.deb”. Deb merupakan salah satu file package standar pada sistem Unix.

Cara Menginstal File Package Deb Menggunakan Terminal Di Linux


Untuk menginstall aplikasi yang menggunakan file package Deb melalui Terminal, kamu bisa menggunakan sebuah tool Debian packages management system berbasis command line yang bernama dpkg.Berikut langkah langkahnya :

1.Buka terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T
2.Kemudian masuk ke direktori dimana file package Deb tersimpan. Jika file package Deb yang ingin kamu install tersimpan pada direktori Downloads, masuk ke folder Downloads dengan menggunakan perintah “cd” seperti berikut:
cd ~/Downloads

3.Jika sudah berada pada direktori dimana file package tersebut disimpan,Maka kalian dapat menginstal file Deb dengan menuliskan code berikut :
sudo dpkg -i nama_file.deb

Sesuaikan kata “nama_file.deb” pada perintah tersebut dengan nama file package dari file aplikasi yang ingin kamu install. Jangan lupa untuk menggunakan perintah “sudo” jika kamu login dengan user biasa. Kamu tidak perlu mengetikkan perintah “sudo” jika kamu login dengan user root.

Kemudian tunggu proses instalasi file package atau aplikasi tersebut hingga selesai. Pastikan proses instalasi berhasil dengan baik. Jika proses instalasi selesai, kamu dapat membuka aplikasi yang kamu install melalui menu aplikasi.

Mungkin sampai disitu saja Tutorial Tentang Cara instal Aplikasi Dengan File Package Deb Di Linux ,Semoga bermanfaat.Wassalam

0 Response to "Cara Instal Aplikasi Dengan File Package Deb di Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel